by

6 Kunci Sukses Berdagang dalam Islam

Hendaklah kalian berdagang karena berdagang merupakan sembilan dari sepuluh rezeki.”

(HR. Ibrahim Al-Harbi)

Berniaga atau usaha perdagangan merupakan kegiatan ekonomi yang sangat di anjurkan dalam agama islam, karena dalam berniaga akan terbuka pintu-pintu rizki bagaimana agar perniagaan berjalan dengan baik dan hasilnya berkah, ada beberapa hal yang harus di amalkan.

  1. Tawakal

Tawakal artinya usaha yang sungguh – sungguh dan maksimal di sertai dengan berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT. Allah SWT menja-min kepada hambanya yang sungguh-sungguh bertawaqal. Rasulullah SAW. Bersabda: “Andaikata kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya tawaqal, sungguh kalian akan Kami beri rezeki sebagaimana burung di beri rezeki. Di pagi hari keluar dalam perut kosong dan kembali dalam perut kenyang.” (HR. Ahmad)

  1. Shalat Dhuha

Shalat dhuha walaupun hukumya sunnah, namun memiliki keutamaan yang luar biasa, salah satunya adalah dapat membuka pintu rezeki. Rasulullah SAW. Bersabda : “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat raka’at pada waktu per-mulaan siang (shalat dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keper-luanmu pada petang harinya.” (HR. Al-Hakim dan Thabrani)

  1. Bersyukur

Bersyukur merupakan hal yang harus di perhatikan dalam kehidupan kita. Banyak hikmah yang bisa di dapat dengan bersyukur. Dengan bersyukur juga dapat menjadi pembuka pintu rezeki atau di tambahnya nikmat dan rezeki oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nik-mat-Ku), maka azab-Ku akan sangat pedih.” (QS. Ibrahim : 7)

  1. Bershadaqah

Bershadaqah penting di lakukan walaupun hanya sedikit, dalam bershadaqah seseorang tidak di tuntut untuk mengeluarkan harta yang banyak, namun semakin banyak bershadaqah akan dapat men-jadi penambah dan pembuka pintu rezeki. Apabila kita mendapati sanak-saudara yang sedang membutuhkan bantuan, maka bantulah semampu yang dapat kita lakukan, karena dengan hal tersebut Allah swt juga akan memberikan kemu-dahan kepada kita dalam segala urusan. Rasulullah SAW, ber-sabda: “Siapa yang menunaikan hajat saudaranya maka Allah akan menunaikan hajatnya.” (HR. Muslim)

  1. Silaturahmi

Dengan menjalin dan menjaga tali silaturahmi akan dapat memanjangkan usia dan menambah rezeki yang di dapat. Rasulullah SAW, Bersabda : “Barang siapa ingin di lapangkan rezeki-nya dan di lambatkan ajalanya maka hendaklah dia menghubungi sanak sau-daranya.” (HR. Bukhari Muslim)

  1. Taqwa

Taqwa adalah hal penting yang harus di jaga agar tidak mudah terperanjat ke dalam kesesatan atau perbuatan dosa dan dengan bertaqwa tentu memiliki banyak manfaat dan hikmah serta akan di beri  kemudahan dalam setiap permasalahan yang di hadapi. Rasulullah SAW bersabda : “dan seorang hamba di cegah baginya rezeki karena dosa yang di buatnya.” (HR. Tirmizi)

Dengan mengamalkan beberapa amalan tersebut di atas, Insya Allah usaha perniagaan itu akan berjalan dengan baik dan hasilnya dapat men-jadi keberkahan dan kesejahteraan dunia dan akhirat.

Demikian mengenai perdagangan dan cara pembuka pintu rezeki. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah wawasan serta ilmu pengetahuan mengenai Islam.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya