oleh

Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun 1440 Hijriyah

Ar-Risalah Jakarta , Akhir tahun merupakan momentum untuk melihat diri sendiri. Banyak hal terkait diri sendiri yang bisa diperhatikan dengan jujur. Segala hal di tahun ini baik berupa kebaikan maupun keburukan diri kita, tidak lepas dari kekurangan. Untuk itu, ada baiknya penutup tahun hijriyah ini diisi dengan doa sebagai bentuk kepasrahan tertinggi kepada Allah.

Berikut ini doa wirid yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca di akhir tahun dan di Awal Tahun Hijriyah. Doa ini dimasukkan oleh Mufti Jakarta abad 19-20 Habib Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar sebagai berikut.

doa akhir dan awal tahun hijriyah

Memang tidak ada ketentuan kapan doa ini harus dibaca. ada baiknya doa akhir tahun ini dibaca seusai melaksanakan sholat Ashar dan Do’a Awal Tahun dibaca seusai melaksanakan Sholat Maghrib pada malam pertama bulan Muharram. Semoga doa ini meringankan langkah kita menuju kebaikan dunia dan akhirat, sekurangnya setahun ke depan.

Alangkah baiknya kalau doa ini diiringi dengan amalan lainnya seperti puasa, khataman, sema’an Al-Quran, sedekah, atau aksi positif lainnya. Wallahu a’lam.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya