by

Buku Tuntunan Praktis Ibadah Sholat

Peranan ibadah bagi seorang muslim memang sudah dijelaskan dalam ayat Al-Quran dan Hadits. Salah satunya, peranan ibadah shalat, yaitu mencegah perbuatan mungkar. Persoalannya, ada banyak ummat Islam yang beribadah tidak total. Ikut-ikutan. Tidak mendalami teknis ibadah. Ini berbahaya, mengingat, beragama tanpa ilmu akan buta, berilmu tanpa beragama sesat.

Shalat adalah ibadah paling utama seorang Muslim, yang harus dilakukan dalam keadaan apapun, bahkan dalam kondisi sakit atau tengah dicekam ketakutan (misalnya perang). Ini beda dengan tiga rukun Islam lainnya, yaitu puasa Ramadhan, zakat dan haji, yang boleh tidak dikerjakan bila kita tidak punya kemampuan untuk melaksanakannya.

Amal seseorang yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalat. Bila shalatnya baik, maka seluruh amalannya juga baik. Bila shalatnya buruk, maka buruk pula seluruh amalannya. (HR. Thabrani)

Berpijak pada hadits di atas, menjadi kewajiban kita untuk memperbaiki kualitas ibadah shalat kita. Untuk mencapai shalat yang berkualitas, tiada jalan lain kecuali memperkaya keilmuan tentang shalat itu sendiri, baik pada ranah lahiriah maupun batiniah.

Pada ranah lahiriah, shalat akan semakin berkualitas apabila didasari ilmu tentang tata cara yang bersumber dari sunnah Nabi Muhammad SAW maupun Al Quran Al Karim. Sedangkan pada ranah batiniah sendiri, shalat akan semakin berkualitas apabila dijiwai dengan nilai-nilai kekhusyukan sebagaimana yang telah diajarkan Beliau.

Buku ini khusus disuguhkan untuk membantu kita ummatnya dalam memahami shalat dengan segala dimensi yang mengitarinya. Sehingga shalat kita akan semakin terbimbing dan berkualitas baik dari segi lahiriah maupun batiniah.

Buku setebal 67 halaman ini disampaikan dengan penuturan yang lugas, bijak, moderat dan simple, agar mudah di pahami oleh semua kalangan. Sehingga dengan kearifan dan kemoderatannya ini diharapkan kita akan semakin bijaksana dan dewasa dalam menyikapi setiap perbedaan. Hingga tersimpul tali persaudaraan umat Islam, tanpa dicederai gesekan-gesekan akibat perbedaan tadi.

Buku yang ditulis oleh KH. M. Chozin Machmud, MM dan di terbitkan oleh Media Center Ar-Risalah ini tergolong sangat lengkap. Karena memuat seluruh tuntunan praktis shalat fardhu maupun shalat sunnah. Mulai dari pengertian thaharah, hingga tata cara wudhu, mandi dan tayamum. Ada juga bab khusus yang berisi tentang penjelasan mengenai adzan dan iqamah.

Tampilan buku yang elegan dan berkelas ditambah lagi dengan adanya ukiran di Babnya  menjadikan buku ini sangat menarik untuk dibaca dan dipelajari. Sehingga timbul ketertarikan bagi para pembaca untuk menyimak pelajaran yang telah disajikan.

 

Judul Buku : Tuntunan Praktis Ibadah Sholat

Karya : KH. M. Chozin Madcmud, MM

Penerbit : Yayasan Ar-Risalah Al- Islamiyah ( Media Center )

Nomor ISBN : 978 – 623 – 90031 – 0 -4

Cetakan I : Februari 2019

 

 

Info Pemesanan :

0882-2397-2528

0857-1456-7041

0812-1089-8718

0812-9278-6175

Office Yayasan Ar-Risalah Jakarta :

Jln. Raya Bogor Km 26 No. 10 Ciracas Jakarta Timur

Tlp. 021-87701801

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *