by

3 Cara Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nik-mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Q.S. Ibrahim: 7)

Banyak sekali nikmat yang Allah berikan, salah satu diantaranya adalah nikmat kemerdekaan. Tidak terasa tahun ini bangsa kita memasuki usia kemerdekaan ke tujuh puluh tiga dengan kemerdekaan kita bisa lebih maju, kita bisa melakukan apapun untuk peningkatan kualitas, sarana dan prasarana ibadah kita.

Bagi umat Islam, anugerah kemerdekaan ini sela-yaknya dijadikan momentum untuk mengasah rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Sesuai dengan definisi syukur yang didefinisikan oleh para Ulama Syukur merupakan segala bentuk aktivitas seorang hamba dalam rangka mendaya-gunakan semua nikmat yang Allah berikan kepadanya menuju tujuan manusia itu diciptakan yaitu beribadah kepada Allah SWT. Indikasi dari rasa syukur yang mendalam sudah sepatutnya dibuktikan dengan tiga hal nyata didalam kehidupan sehari-hari :

Mengagungkan Asma Allah

Dengan mengagungkan dan meninggikan Allah diatas segala-galanya. Slogan Allahu Akbar Allah maha besar bukan hanya dalam bentuk ucapan dan dzikir lisan saja, akan tetapi perlu direalisasikan dalam bentuk yang nyata. yaitu de-ngan berbuat kebaikan atau amal shaleh yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa. Rasul-ullah bersabda : Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang ber-manfaat bagi sesama manusia. Setiap anak bangsa harus ber-buat kebaikan sesuai dengan kondisi dan kemampuan ma-sing masing yang bermuara untuk kemajuan negara yang kita cintai.

Menghormati Jasa Pahlawan

Salah satu unsur kemerde-kaan bangsa kita untuk meraih kemerdekaan adalah perjua-ngan para pahlwan pendahulu kita yang telah berjuang dengan pengorbanan harta dan jiwanya demi tujuan yang mulia yaitu supaya bangsa ini meraih ke-merdekaan dan terbebas dari belenggu para penjajah. Maka menghormati jasa para pahla-wan merupakan salah satu cara kita mensyukuri kemerdekaan.

Paling tidak ada tiga cara menghormati para pahlawan kita. Pertama, mendoakan kepada mereka yang saat ini sudah berada di alam barzah, semoga mendapatkan balasan kenikmatan dari Allah swt. Kedua, melanjutkan perju-angan mereka, yaitu mewu-judkan cita-cita kemerdekaan Ketiga, berjuang dengan penuh keikhlasan sebagai bukti rasa cinta kepada tanah air, karena mencintai tanah air bagian dari keimanan

Memelihara Kesatuan

Bangsa Indonesia dapat meraih kemerdekaan karena pada saat itu bangsa kita sangat bersatu untuk mengusir penjajah. Untuk itu, seluruh komponen bangsa saat ini harus meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Kesatuan merupakan bentuk syukur yang paling berharga. Jika bangsa kita benar-benar bersatu, maka akan dapat mengisi kemerdekaan ini dengan baik dan bangsa kita akan dapat menjadi seperti bangsa-bangsa lain. Bahkan dengan syukur yang maksimal negara akan terwujud sebagai negara yang digambarkan oleh Allah dalam Al-Quran.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment