TENTANG KAMI

by

SEKILAS

YAYASAN AR-RISALAH

Yayasan Ar-Risalah didirikan pada tanggal 23 September 2004 yang juga bertepatan pada tanggal 27 Rajab 1425 H. Pada saat itu ada 7 (tujuh) orang tokoh pendiri yayasan tersebut yaitu KH. M. Chozin Machmud, H. A. Wasana, H. Rahmat AS, H. Fajrul Munir, H. Mahmudi, H. Yaya Sutarya, dan H. Abdul Ghani Lamatokan. Ketujuh tokoh tersebut mempunyai niat mulia untuk memperbaiki kualitas umat Islam dari segi keilmuan atau pun yang lainnya.

Ada dua alasan mereka mendirikan Yayasan Ar-Risalah, yaitu bahwasannya saat ini kualitas umat Islam di Indonesia masih rendah, sehingga perlu upaya-upaya strategis untuk meningkatkan kualitas umat, dan methodology dakwah perlu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Untuk merealisasikan niat tersebut berdirilah yayasan yang bernama Ar-Risalah. Dalam hal ini Yayasan Ar-Risalah berjuang semaksimal mungkin untuk menjawab persoalan yang telah menjadi dasar niat didirikannya Yayasan Ar-Risalah. Dan semua perjuangan tersebut diniatkan untuk semata-mata hanya ibadah kepada Allah SWT. Mereka yakin insya Allah dengan modal ikhlas, istiqamah, dan tawakkal akan diberikan jalan kemudahan.

Visi & Misi

VISI

Menjadikan Ar-Risalah sebagai Yayasan Islam terbaik

di Indonesia dalam membina masyarakat dan umat yang berkualitas.

MISI

Membimbing umat untuk memahami syari’at islam

Menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar

Mewujudkan umat yang berakhlakul karimah, sejahtera lahir batin, bahagia dunia dan akhirat.

12 PROGRAM

Dalam perkembangannya Alhamdulillah Yayasan Ar-Risalah dari tahun ke tahun semakin mendapat kepercayaan dan dukungan dari masyarakat, sehingga pada tahun 2018 telah memiliki lebih dari 6.500 jamaah yang mengikuti berbagai kegiatan di Yayasan Ar-Risalah. Kegiatan-kegiatan tersebut tersebar di 12 bidang program yang dikoordinasikan di bawah 5 lembaga, yaitu Lembaga Haji dan Umrah, Lembaga Dakwah, Lembaga Pendidikan, Lembaga Sosial dan Lembaga Ekonomi.

Menyelenggarakan bimbingan ibadah haji reguler, dikelola secara otonomi. Tujuan utamanya melayani dan membimbing jamaah haji mulai di tanah air sampai tanah suci untuk meraih haji mabrur dan melestarikannya. (Ketua : KH Abdul Rosyid AS, S.Sos.I)

Menyelenggarakan bimbingan ibadah haji khusus (Plus) dan konsorsium PT. Risalah Rizkia Wisata dengan PT. Farfaza Travel & Tour. Dan menyelenggarakan Ibadah Umrah yang dikelola oleh PT. Risalah Rizkia Wisata secara otonomi.  (Ketua : Hj Umi Nur Zakiyah)

Menyelenggarakan & mengelola kegiatan dakwah yang meliputi: Pendidikan Dakwah, Majelis Taklim dan Kursus Bahasa Arab.methode mustaqili, dan membina pasca dakwah. (Direktur: Ust Suherman, S.Sos.I)

Mengelola dan membina SDM Mubaligh yang meliputi: pembinaan para mubaligh dan mengoptimalkan peranan anggota Korps Mubaligh dalam melaksanakan dakwah di masyarakat. Melaksanakan kegiatan Wisata Rohani, PHBI dan Istighotsah. (Ketua KMA : Ust Nurcholis, M.H.I)

Menyelenggarakan dan mengelola usaha ekonomi dengan sistem syariah yang meliputi: Simpanan dan Pembiayaan Syariah, Perdagangan Umum dan Jasa Pelayanan, dikelola secara otonomi. (Ketua : Dra. Koniawati)

Menyelenggarakan dan mengelola usaha penerbitan yang meliputi: penerbitan buletin, penerbitan buku-buku Islam dan jasa percetakan, yang dikelola secara otonomi. (Ketua : Ust Hendro Fadhilah, S.Ag)

Mendirikan dan mengelola Panti Asuhan Anak Yatim dan Dhuafa yang meliputi: mengasuh anak-anak yatim dalam panti dan menyantuni secara rutin kepada anak-anak yatim non panti, dikelola secara otonomi.

( Ketua : Hj Ratnah Yusmaningsih, S.Pd )

Menyelenggarakan dan mengelola pendidikan Al-Qur’an, untuk anak-anak, remaja dan dewasa, mulai tingkat dasar sampai tahfidz Al-Qur’an dan dikelola secara otonomi. (Ketua : Nita safitri/ Abdul Manaf, M.Pd.I)

Mendirikan dan menyelenggarakan pendidikan pondok pesantren di Cariu, Bogor,  yang memadukan antara pendidikan salaf dan modern, yang meliputi: Kajian kitab kuning, SMP Islam terpadu dan SMK Islam.

( Direktur : Ust. Paridin Imron, MA )

Menyelenggarakan dan mengelolah Majelis Taklim di Yayasan Ar-Risalah pusat maupun yang berada di cabang-cabang. (Ketua : Ustadzah . Hj Lilis Suhartini)

Menampung, mengelolah dan menyalurkan Zakat Infak Shodaqoh bagi jama’ah Ar-Risalah maupun dari seluruh umat

( Ketua : Ust. Tatang ZM, S.Sos.I )

Menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat yang bersifat sosial seperti ; Layanan Kematian, Qurban, Aqiqah, Donor darah, Khitanan masal dan lain-lain.

( Ketua: Ust. Agus Barkah, S.Pd.I )

Jadilah Bagian dari Wakaf Pembagunan Pesantren !

Get InformationsDonate