by

Keutamaan Mengkaji Kitab Riyadhus Shalihin

Riyadhus Shalihin adalah nama salah satu kitab kumpulan hadits yang berarti taman orang-orang shalih yang disusun oleh Imam Nawawi. Pada kitab ini hadits-hadits dikelompokkan ke dalam bab-bab berdasarkan tema utama, misalnya salat, zakat, jihad, doa, Qur’an, dan sebagainya.

Kitab Riyadhus Shalihin memiliki keistimewaan yaitu:

Pertama, isi kandungannya yang memuat bimbingan jiwa dan ruhani.

Isi kandungannya yang memuat bimbingan yang dapat menata dan menumbuhkan jiwa serta melahirkan satu kekuatan yang besar untuk berhias dengan ibadah yang menjadi tujuan diciptakannya jiwa tersebut dan mengantarnya kepada kebahagiaan dan kebaikan, karena kitab ini umum meliputi Targhib dan Tarhib serta kebutuhan seorang muslim dalam perkara agama, dunia dan akhiratnya. Kitab ini adalah kitab tarbiyah (pembinaan) yang baik yang menyentuh aneka ragam aspek kehidupan individual (pribadi) dan sosial kemasyarakatan dengan uslub (cara pemaparan) yang mudah lagi jelas yang dapat dipahami oleh orang khusus dan awam.

Dalam kitab ini penulis mengambil materinya dari kitab-kitab sunnah terpercaya seperti Shahih Bukhari, Muslim, Abu Daud, An Nasaa’i, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan lain-lainnya. Beliau berjanji tidak memasukkan ke dalam bukunya ini kecuali hadits-hadits yang shahih dan beliau pun menunaikannya sehingga tidak didapatkan hadits yang lemah kecuali sedikit itu pun kemungkinan menurut pandangan dan ilmu beliau adalah shahih.

Kedua, tingginya kedudukan ilmiah yang dimiliki pengarang Riyadhush Shalihin

Tingginya kedudukan ilmiah yang dimiliki pengarang Riyadhush Shalihin ini diantara para ulama zamannya karena keluasan ilmu dan dalamnya pemahaman beliau terhadap sunnah Rasulullah.

Kitab ini terdiri dari 17 kitab, 265 bab dan 1897 hadits, beliau membuka mayoritas babnya dengan menyebut ayat-ayat dari Al Quran yang sesuai dengan pembahasan hadits yang ada lalu membuat tertib dan bab yang saling berhubungan sehingga kitab ini bisa mengalahkan selainnya dari kitab-kitab yang serupa dengannya.

Berikut ini Jadwal Kajian Riyadhus Shalihin yang diadakan di Yayasan Ar-Risalah Jakarta :

Kajian            : Kitab Riyadhus Shalihin

Waktu            : Setiap Hari Selasa Malam Rabu (Malam)

Pukul              : 20.00 – 21.30 wib

Tempat           : Aula Yayasan Ar-Risalah Jakarta

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *