by

Muharram, Santri Ar-Risalah Do’akan keselamatan Bangsa

Santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Ar-Risalah Cariu, Senin (09/9) menggelar buka puasa dan doa bersama dalam menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriyah.

“puasa sunnah muharram dan doa bersama digelar untuk lebih mendekatkan santri kepada Allah SWT, sehingga mereka tertuntun untuk menjadi insan-insan yang bertakwa,” kata Mudir Pondok Pesantren Ar-Risalah Ust. Paridin Imron Rosyadi, MA.

Menurut Ust. Paridin Imron, peringatan tahun baru Islam yang digelar sekaligus memberikan pemahaman pada santri agar mereka tahu sejarah hijrahnya Rasulullah SAW.

Tahun baru Hijriyah, kata dia, adalah salah satu hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada 622 Masehi.

Peristiwa bersejarah itu, katanya, terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah, namun tahun hijrah Rasulullah SAW dari Makah ke Madinah itu diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriyah.

“Kalender Hijriyah secara resmi belum dimulai ketika zaman Rasulullah SAW dan kalender ini hanya dimulai pada zaman Umar bin Khatab,” tambah ust. paridin imron.

Oleh karena itu, katanya, memperingati tahun baru Hijriyah, sekaligus menjadi momen untuk mengenangkan betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah agama Islam.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, santri dan keluarga besar Pondok Pesantren bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dengan tekad tahun ini harus lebih baik dari pada tahun kemarin dan jayalah Ar-Risalahku,” katanya.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *