by

Waktu yang Pas Untuk Membayar Zakat

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayar oleh setiap muslim yang hidup dan menjumpai bulan Ramadhan. Bila seorang muslim meninggal pada tanggal 1 Ramadhan pagi hari, atau tanggal 30 Ramadhan sore hari, maka keluarganya berkewajiban membayarkan zakat fitrah.

Kapan waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah? Pada dasarnya, zakat fitrah boleh dibayarkan kapan saja sepanjang masih berada pada bulan Ramadhan. Kita bisa membayar zakat mulai dari hari pertama dimulainya puasa Ramadhan sampai dengan malam takbir jelang Hari Raya Idul Fitri.

Jika kita mengikuti sejarah perintah membayar zakat fitrah, maka waktu yang disarankan adalah pada saat matahari terbenam bersamaan dengan malam takbir Hari Raya Idul Fitri. Idul Fitri adalah hari kemenangan bagi umat muslim oleh karena itu kita harus menyenangkan fakir miskin dan anak yatim dengan memberi zakat.

Zakat fitrah merupakan penyempurna amal ibadah selama bulan suci Ramadhan. Jika Anda mampu membayar, pastikan Anda tidak terlewat waktu mengeluarkan zakat fitrah. Jika tidak, maka hal tersebut akan menjadi dosa besar karena melanggar salah satu rukun Islam.

Bayarkan zakat fitrah Anda melalui amil zakat di masjid terdekat maupun lembaga penyalur zakat sehingga manfaat zakat akan sampai kepada yang berhak menerimanya. Dengan demikian, hikmah zakat sebagai penumbuh akhlak mulia dapat tercipta dalam kehidupan masyarakat muslim Indonesia.

Segera Bayarkan Zakat Anda di Lembaga ZIS YAYASAN AR-RISALAH JAKARTA.

Jln. Raya Bogor Km 26 No. 10 Ciracas Jakarta Timur | Tlp: 021-8770-1801| Website: www.arrisalah-jakarta.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *