by

Rasulullah SAW Orang Nomor 1 di Dunia

Penceramah utama dalam acara Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam (SAW) di Yayasan Ar Risalah adalah Dai Muda, Ustadz Ihya Ulumuddin yang akrab dipanggil Ustadz Joko Tingkir.

Tidak seperti pada umumnya penceramah atau muballigh yang mengawali ceramahnya dengan Basmalah atau Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh. Tetapi dai gondrong ini saat berdiri di atas altar penceramah, langsung memimpin bacaan Ummul Quran Surat Al Fatihah.

‘’Biridlaillah, Al Faatihah,’’ katanya tanpa basa basi.

Maka para hadirin dalam acara Peringatan Maulid tersebut, langsung membaca Surat Al Fatihah bersama-sama. Ada suasana berbeda saat memulai dari penceramah pengagum Raja Dangdut Rhoma Irama tersebut. Beberapa kali dia menyelingi ceramahnya dengan lagu-lagu ciptaan Bang Haji Rhoma Irama. “Beliau berdakwah dengan lagu-lagunya yang religius,’’ komentarnya, singkat.

Selanjutnya sang dai ini menyoroti keberadaan Nabi Besar Muhammad Shallallahu ‘alaihis salam. Beliau, katanya lebih lanjut, seorang Nabi Utusan Allah yang terakhir yang memimpin umatnya hingga akhir zaman. Beliau Nabi Allah yang paling mulia dari 124.000 nabi yang ada serta Rasul yang utama dari 313 Rasul Allah yang membawa misi ajaran Allah yang berbasis ajaran Islam sejak manusia pertama dilahirkan, yakni Nabi Adam hingga Nabi terakhir Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihis salam dan tidak ada nabi lagi sesudahnya.

Bahkan, katanya lebih lanjut, sebenarnya Nur Muhammad itu diciptakan oleh Allah sebelum adanya dunia dan seisinya ini. Untuk itu Allah menegaskan dalam Al Quran, seandainya Dirinya tidak menciptakan Nur Muhammad, maka dunia dan seisinya tidak akan diciptakanNya.

‘’Jadi, Nabi Besaar Muhammad shallallahu ‘alaihis salam itu, nabi yang luar biasa yang diciptakan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Kita sangat beruntung bisa menjadi umat Beliau. Insya Allah kita semua akan masuk surga, kecuali yang tidak mau,’’ tegasnya.

‘’Apakah ada di antara kita yang tidak mau masuk surga,’’ tanyanya kemudian, yang dijawab oleh para hadirin, ‘’tidak ada.’’

Dia pun mengutip Sabda Rasulullah yang menyatakan, bahwa ‘’Dirinya telah menjadi Rasulullah, ketika Nabi Adam masih menjadi tanah.’’

‘’Itulah kehebatan Nabi Kita, Nabi Besar Muhammad Rasulullah yang saat ini hari kelahirannya kita peringati bersama. Semoga kita sebagai umatnya, bisa menteladani semua akhlaqul karimah beliau serta menjalankan semua tuntunannya dan menjauhi larangannya. Amin Allahummah Amin,’’ katanya yang langsung diamini para hadirin yang memenuhi halaman Gedung Ar Risalah di Jl. Raya Bogor Km 26, No.10 Ciracas, Jakarta Timur pada siang hari Ahad, 15 Desember 2019.

Ustadz Joko Tingkir lantas mengungkapkan hasil penelitian tentang tokoh-tokoh besar dunia yang ditulis oleh Michel Heart dari Amerika Serikat. “Ini orang non Muslim. Tetapi dia mengakui Nabi Besar kita sebagai tokoh pertama dan utama di dunia yang hebat,’’ tegasnya.

Dari seratus orang tokoh dunia yang ditelitinya, Michel Heart menempatkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihis salam sebagai tokoh nomor wahid. Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy sebagai tokoh besar menurut warga Amerika Serikat, tetapi kata ustadz Joko Tingkir, tidak diakui oleh warga Uni Soviet.

Demikian juga sebaliknya, pendiri Uni Soviet, Stalin yang juga pemimpin besar negara Komunis itu, tidak diakui kebesarannya oleh masyarakat Amerikat Serikat. Ayub Khan diakui masyarakat Pakistan sebagai pemimpin besar negara itu. Tetapi masyarakat India tidak mengakuinya. Sebaliknya, Nehru diakui oleh masyarakat India sebagai pemimpin besar, masyarakat Pakistan tidak mengakuinya.

Lain halnya dengan Nabi Kita, Muhammad Rasulullah. Menurut Ustadz muda ini, bukan hanya umat Islam yang mengakuinya sebagai Tokoh Besar, tetapi masyarakat non Muslim juga mengakuinya.
‘’Kalau kita masyarakat Muslim mengakui Rasulullah sebagai tokoh besar dunia, itu biasa dan harus. Tetapi ketika masyarakat non Muslim yang mengakuinya, itu jelas obyektif dan tidak main-main,’’ tegas dai gondrong itu.

Maka berbahagialah kita sebagai umat Rasulullah. Karena, katanya lerbih lanjut, kehebatan pemimpin kita itu, diakui oleh kawan maupun lawan-lawannya.

‘’Memang tidak ada tokoh di dunia ini sehebat Rasulullah shallallahu ‘alaihis salam. Beliau telah mengubah dunia gelap gulita zaman jahiliyah menjadi dunia yang terang benderaang dengan rahmat Allah subhanahu wa ta’ala. Semoga kita selalu mencintainya dengan selalu berselawat dan mengucapkan serta barakah untuk beliau sepanjang masa,’’ katanya kemudian, yang diamini oleh para hadirin semuanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *