by

3 Manfaat Berqurban di Hari Raya Idul Adha

Sesungguhnya aku telah memberikan kepada mu nikmat yang banyak, maka dirikan-lah shalat kepada Tuhanmu dan menyembelihlah qurban” (QS. Al-Kautsar)

Berqurban memiliki makna yang dalam untuk mengajarkan setiap umat agar rela mengorbankan apa yang dimilikinya hanya semata-mata ditujukan sebagai bentuk ibadah kepada Allah. Berikut manfaat qurban yang ditinjau dari berbagai pendekatan.

Melatih Jiwa Sosial

Hikmah di balik berqur-ban adalah melatih kita untuk memiliki sikap kepedulian sosial. Orang yang memiliki kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk di korbankan dalam wujud binatang ternak untuk kemudian dagingnya di konsumsi oleh banyak orang yang membutuhkan.

Berqurban adalah salah satu perintah Allah yang jelas di cantumkan di Al-qur’an. Dengan ibadah qurban akan menjaga bahkan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Sehingga kita akan memiliki iman yang semakin kuat dan tidak mudah mengi-kuti hawa nafsu.

Melatih Kebersamaan

Qurban adalah salah satu sarana untuk menjalin tali silaturahmi kepada orang lain. Kegiatan qurban dibutuhkan kebersamaan dan peranan banyak orang. Ini akan men-jadi sarana pemersatu diantara umat islam. Tidak ada perbe-daan di hari itu, kita bersama-sama berbagi kebahagian untuk sesama.

Dari tinjauan kesehatan, manfaat qurban bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi masyarakat indonesia. Mengingat kebutuhan gizi rakyat indonesia sangat tinggi dan tidak semua rakyat mam-pu merasakan manfaat daging. Oleh karena itu, saat hari raya qurban menjadi salah satu kesempatan bagi masyarakat dari kalangan bawah untuk memperbaiki asupan gizi, terutama yang berasal dari manfaat daging sapi dan kambing.

Melatih Wira Usaha

Manfaat lain yang bisa di dapatkan adalah untuk meningkatkan aspek perta-nian negara kita. Dengan adanya ibadah qurban, maka harus ada hewan yang dikurbankan (disembelih). Peranan para peternak hewan seperti sapi, kambing, dan domba di Indonesia akan sangat penting dalam membantu terlaksa-nanya kegiatan kurban ini. Manfaat qurban akan membantu meningkat-kan aspek di bidang peternakan, mengingat sampai saat ini saja negara kita masih saja impor hewan-hewan ternak.

Bagi umat islam tentunya ibadah qurban tidak hanya semata-mata ibadah, namun memberikan manfaatnya untuk sesama muslimin dan muslimat.

Mengingat pentingnya berqurban, Rasulullah SAW menjelasnkan dalam haditsnya: “barang siapa mempunyai kemampuan dan tidak mau berqurban, maka hendaklah ia tidak mendekati tempat shalat kita.” (Al-Hadits)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya