by

3 hal wajib dalam mendidik anak

Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepa-da anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, jangan-lah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kelali-man yang besar”. (Q.S. Luqman: 13)

 

Pendidikan anak dalam islam sangatlah penting karena hal ini akan membentuk karakter anak di kemudian hari. Orangtua berkewajiban untuk menanamkan nilai-nilai islam dalam diri seorang anak. Pendidikan itu sendiri artinya adalah cara untuk mendidik atau mengajar. Sehingga pendidikan islam berarti cara mendidik yang sesuai dengan tuntunan atau syariat agama islam.

Dalam hal ini keluarga memiliki tanggung jawab penuh untuk mendidik dan mengasuh sang anak dengan berlandaskan kaidah dalam agama islam. Anak dapat dididik dengan mengatur pola pembiasaan, dengan menggunakan nasihat, contoh, serta dengan memberikan wawasan kepada anak.

Adapun bentuk-bentuk pendidikan yang semestinya diajarkan anak sejak dini mencakup hal-hal berikut ini

  1. Pendidikan Aqidah

Hal yang pertama kali diajarakan kepada anak adalah tentang akidah atau keesaan Allah SWT diimana anak diberikan pengertian bahwa Tuhan yang pantas disembah hanyalah Allah SWT

Selain itu anak perlu diajari untuk menghormati ayah dan ibunya, menghargai keduanya serta senantiasa berbuat baik kepada keduanya karena berkat orangtuanya lah ia dapat terlahir ke dunia ini sebagaimana yang difirmankan Allah SWT: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah me-ngandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapak-mu, hanya kepada-Kulah kembali-mu.” (Q.S. Luqman: 14)

  1. Pendidikan Ibadah

Sejak usia dini anak sudah harus diajarkan tentang bagaimana menjalankan ibadah wajib seperti shalat wajib, puasa, dan lainnya. Pendidikan ibadah pada anak dapat dilakukan dengan metode pembiasaan serta mencontohkan. Mengajari anak gerakan shalat dan mengajak anak shalat berjamaah di masjid serta berdiri di shaf adalah salah satu usaha orangtua untuk menanamkan pendidikan ibadah bagi anaknya.

Acara keagamaan seperti halnya di bulan ramadhan dapat menjadi ajang orangtua untuk lebih mengajarkan anaknya untuk berpuasa. Anak-anak yang tumbuh dengan beribadah adalah anak-anak yang dicintai dan dijanjikan oleh Allah pahala yang melimpah. Rasulullah SAW: “Tidaklah seorang anak tumbuh dalam ibadah sampai ajal menjemput dirinya, melainkan Allah akan mem-beri dia pahala setara dengan sembi-lan puluh sembilan pahala shiddiq (orang-orang yang benar dan jujur).”

  1. Pendidikan Akhlak

Selain pendidikan aqidah, dan ibadah, pendidikan akhlak tidak kalah penting untuk dita-namkan kepada anak. Penting-nya akhlak dalam kehidupan manusia juga disebutkan dalam hadits bahwasanya Rasulullah SAW diutus ke dunia ini adalah untuk memperbaiki akhlak manusia. Akhlak yang baik pada anak dapat ditanamkan melalui ber-bagai pendekatan diantaranya adalah dengan mengajarkannya sopan santun, memberikan contoh serta suri tauladan yang baik pada anak.

Hal ini bisa juga dilakukan dengn membacakan kisah-kisah suri tauladan Rasulullah ataupun kisah-kisah nabi dan sahabat yang memiliki akhlak mulia. Adapaun tujuan pendidikan akhlak pada anak adalah untuk mem-bentuk orang-orang yang berakhlak mulia, memiliki moral yang baik, tingkah laku yang sopan, sifat yang bijaksana, ikhlas, jujur, suci serta beradab.

Demikian definisi dan bentuk-bentuk pendidikan anak dalam islam yang dapat diajarkan pada anak. Mendidik anak sejak dini akan membawa dampak yang positif bagi anak di kemudian hari. meskipun mendidik anak bukan perkara yang mudah akan tetapi orangtua tetap harus sabar dan konsisten dalam melaksanakannya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya